MENGEMBALIKAN THEME DEFAULT PADA CUSROM BASED STOCK (PRINSIP MENERAPKAN ZIP TEMA PADA CUSTOM ROM BASED STOCK)

Oleh Adhi Bintel di Samsung Galaxy Mini Forum
Karena banyak yang rikues, dan mungkin ane rasa berguna bagi para pengguna custom rom based stock yang memasang tema lewat recovery (CWM dsb). Tutorial ini juga berguna bagi para themer yang ingin memulai membuat theme di custom rom based stock (emanon, chocobread, andro-id dll)

Prinsip dari theme yang di apply di recovery adalah, kita mengoverwrite system app yang berada di dalam rom dengan system app yang sudah dimodifikasi oleh themer tersebut. jadi ada 3 cara untuk kembali ke stock theme :
1. meresetore backup yang kita buat lewat cwm
2. membuat zip file yang berisi system app yang berasal dari system app custom rom default
3. mempush system app custom rom default secara manual ataupun melalui adb.

Pada dasarnya, pada custom rom based stock file2 yang akan di modifikasi sehingga memiliki interface/ tampilan yang termodifikasi adalah sebagai berikut:1. framework-res.apk yang berada di folder system/framework
2. twframework-res.apk yang berada di folder system/framework
3. lidroid-res.apk / apk lain yang menyangkut toogle power widget yang berada di folder system/framework
4. SystemUI.apk yang berada di folder system/app
5. DialerTabActivity.apk yang berada di folder system/app
6. Mms.apk yang berada di folder system/app
7. Contacts.apk yang berada di folder system/app
8. Settings.apk yang berada di folder system/app

Kali ini saya akan membuat tutorial yang paling mudah dengan mereverse / mengembalikan stock theme dengan metode membuat zip file, metode ini menguntungkan karena tidak akan serumit push dengan adb dan juga tidak memakan size sd card yang biasanya berkuran diatas 400 MB untuk alokasi backup file bila kita menggunakan metode nand backup via recovery.


Ok lets the tutorial begin :).
1. Download tema, misal tema ane buat emanon v5 , http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1411219, download tema utamanya. (INGAT UPDATER SKRIP PADA TEMA ITU MENGGUNAKAN CWM, SEHINGGA WORK HANYA PADA CWM RECOVERY)
2. Setelah di download, pastikan anda memiliki winrar, 7zip atau aplikasi sejenisnya yang bisa melihat preview isi zip file
3. bila sudah, klik 2 kali pada zip file atau klik kanan open archieve (jangan diekstrak), maka kita melihat isi file zip tersebut dalam window preview zip, disitu kita lihat ada 2 folder meta-inf dan system.
4. masuk kedalam folder system, ada 3 folder app, fonts, dan framework, ok, yang berarti bahwa semua file yang berada didalam ketiga folder tersebutlah yang dimodifikasi oleh themer untuk selanjutnya akan mengoverwrite system app default sehingga tampilan/interfacenya berubah.
5. buka folder app disitu kita lihat SystemUI, Contacts, Deskclock, Dialer, Mms.apk dll, nah...tetap buka disitu.
6. sekarang lakukan hal yang sama dengan zip rom yang anda download, misal anda pake emanon v5 maka buka archieve (sekali lagi jangan diekstrak) rom emanon v5 zip, lalu cari folder system /app maka kita akan menemukan nama file yang sama dengan list aplikasi di no.5 , carilah aplikasi systemUI.apk dari dalam zip cusrom tersebut lalu dragout ke luar. maka kita sudah mendapatkan systemUI.apk default.
7. kembali ke window archieve no 5, sekarang kita delete systemUI,apk yang berada di archieve theme tersebut.
8. bila di folder app pada archieve tersebut sudah hilang systemUI,apk nya, selanjutnya drag-in SystemUI yang kita dapatkan dari no.6 tersebut kedalam archieve no.5 (ingat lokasi draginnya adalah /system/app). bila muncul notifikasi macam2 misal pilihan jenis zip pilih saja, dont compress atau pilih store lalu OK, bila tidak muncul apa2, maka bisa kita lanjtkan ke step selanjutnya.
9. sekarang close archieve/window zip tersebut dan copy ke sd card.
10. Apply theme yang sudah berisi systemUI asli tersebut. Reboot
11. setelah masuk ke HS lihat perubahannya di statusbar, bila sudah kembali seperti semula maka apply systemUI dari cusrom default telah berhasil.
12. Kita modifikasi lagi untuk elemen systemapk lainnya ke default dengan langkah yang sama pada system app yang lain, dengan cara delete dan dragin seperti yang kita lakukan pada no 8. untuk system app yang ingin kita gantikan ke default misal framework-res.apk , Mms.apk dll. lalu apply lagi...
13, Setelah kita mengerti konsepnya maka kita dapat mengganti is zip theme tersebut dengan isi dari custom rom zip sekaligus. Misalkan dalam zip theme tersebut berisi 3 macam system apk (framework-res.apk. SystemUI.apk. Settings.apk) maka kita bisa langsung delete ketiga apk pada zip theme tersebut dan menggantikannya dengan mendragout system apk yang kita dapatkan dari zip custom rom default dan mendrag-in ke dalam zip tema yang sudah kita delete isinya (ingat jangan delete foldernya tetapi delete apk folder tersebut, karena folder itu menunjukkan directory di HH kita (system/app atau system/framework.
13. Done. Mudah bukan ???.

Sincerely Yours.
Adhi Binte

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 

Blogger news

SpongeBob SquarePants Patrick Star

Blogroll

Created Widget by Cah Dabloeng

About

[Get This]
MAULIDIAN SATRIA © 2012 | Template By Jasriman Sukri